Faq Shipper

Pembuatan Order

Jika dalam satu order ada beberapa barang, bagaimana cara saya menghitung volume & berat barang tersebut? 

Harga ongkos kirim barang yang dimunculkan dari API shipper akan dihitung sesuai dengan total akhir berat barang yang ditulis pada parameter weight atau dimensi volumetrik (diambil yang lebih berat).

 

Cara menghitung nilai akhir berat dan volume dapat dilakukan dengan mengakumulasikan nilai dari beberapa barang tersebut.

 

Mengapa saya gagal menerima response dari API Call pada saat create order?

 

Pembuatan order dapat gagal menerima response dari user jika input parameter tidak sesuai dengan yang diminta atau permintaan tersebut belum tersedia pada layanan shipper. 

 

Periksa kembali hal-hal ini pada saat GET Rates : 

  • Pastikan bahwa order parameter = 1. 

  • Area yang dicari belum tersedia pada layanan shipper. 

  • Berat barang melebihi batas maksimum.

  • Dimensi barang melebihi batas maksimum

Periksa kembali hal-hal ini pada saat POST Create Order :

  • Pastikan bahwa areaID yang ditulis sudah tersedia dalam layanan Shipper. Untuk memastikan bahwa area tersebut sudah dilayani oleh shipper, periksa kembali areaID yang didapat dari Get Location.

 

Apakah ada perbedaan harga jika saya telah membuat order hari ini, namun mau dikirim esok hari?

Jika order sudah dibuat pada hari ini, maka harga ongkos kirim tersebut tidak akan berubah walaupun akan dikirim pada esok hari. 

 


Apakah saya bisa menggunakan kode pos untuk membuat order?


Tidak bisa. Untuk membuat order kamu harus menggunakan areaID sebagai titik penjemputan & tujuan yang telah ditetapkan oleh shipper. 


Berbeda dengan layanan instant & same day service, kamu harus menggunakan koordinat untuk membuat order.  

Apakah rate_id kurir logistik bisa berubah sewaktu-waktu

Tidak, rate_id pada kurir logistik akan selalu sama dan tidak berubah. 

Bagaimana cara saya menampilkan nama & nomor telepon pengirim pada label? Apa yang akan muncul pada label jika saya tidak mengisi informasi pengirim?

Nama & Nomor telepon pengirim pada label dihasilkan dari parameter consignerPhoneNumber dan consignerName.

Untuk mengubah dan menampilkan informasi pengirim, tuliskan nama dan nomor telepon pada parameter tersebut. Jika dikosongkan, nama dan no telp pengirim akan mengikuti nama & no telp yang didaftarkan pada saat pembuatan API key.

Mengapa ongkos kirim pada saat saya buat order berbeda dengan ongkos kirim yang dimunculkan pada GET rates?

Periksa hal-hal berikut ini untuk memastikan harga ongkos kirim sesuai:


  • Pastikan bahwa areaID origin dan destination sudah sesuai pada saat GET rates dan POST create order. 
  • Pastikan bahwa rateId sudah sesuai dengan id kurir 3PL tersebut. 

Jika hal-hal tersebut sudah diterapkan namun masih terkendala, mohon hubungi kami segera. 

Apa yang akan terjadi jika berat dan dimensi barang yang tertulis pada sistem berbeda dengan berat aslinya?

Jika berat atau dimensi barang aktual melebihi berat yang ditulis pada sistem, biaya pengiriman akan kami tagih sesuai dengan berat asli yang kami terima. 


Agar tidak terjadi selisih harga antara berat aktual dan yang tertera pada sistem, mohon pastikan untuk memasukkan berat dan dimensi barang yang benar.  



Bagaimana cara saya melakukan mendapatkan & mengaktivasi OrderId?


OrderID adalah id yang digunakan Shipper untuk melacak dan mendapatkan informasi terkait order tersebut.

  

Untuk mendapatkan orderid, kamu harus terlebih dahulu membuat order. 


Setelah pembuatan order, kamu bisa dapatkan orderid dengan menggunakan GET TrackingID. 


Untuk mengaktivasi orderid tersebut, kamu bisa lakukan dari PUT Activate Order atau POST Request PickUp



Apa perbedaan dan persamaan dari order activation & pick up request? Apakah saya perlu order activation jika sudah melakukan pickup request? Atau sebaliknya?


Melakukan order activation ataupun request pick up akan memanggil driver untuk menjemput barang. 


Jika melakukan order activation, kamu tidak perlu lagi untuk membuat request pickup, dan sebaliknya. 


Namun, ada perbedaan dari 2 metode tersebut, yang dapat dirangkum sebagai berikut : 


 

Order Activation

Request PickUp

Apakah saya perlu memilih agent? 

Tidak perlu

Tidak perlu

Dapat menentukan tanggal pick up? 

Tidak

Ya

Dapat mengaktivasi order? 

Hanya dapat mengaktivasi 1 order di setiap panggilan API.

Dapat mengaktivasi multiple order dalam satu panggilan API.

Untuk layanan instant & same day?

Perlu aktivasi, tidak bisa request pickup. 

Tidak bisa request pickup, harus mengaktivasi order.

Waktu penjemputan barang? 

Tergantung dari waktu aktivasi order tersebut. 

Tergantung dari waktu request pickup tersebut. 

Apakah artikel ini membantu Anda?
0
0